Pages

Sabtu, 16 Januari 2010

Wimax


Wimax adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access merupakan teknologi yang mempunyai kecepatan akses sampai 70MBps. Yang membedakan WiMAX dengan Wi-Fi adalah standar teknis yang bergabung di dalamnya. Jika WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11 dengan ETSI (European Telecommunications Standards Intitute) HiperLAN sebagai standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN, sedangkan WiMAX merupakan penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN.

Di Indonesia wimax memang belum sepopuler wi-fi, indonesia punya wewenang untuk penyelenggaraan teknologi ini pada seluler-seluler yang sudah mempunyai kesiapan baik infrastruktur maupun opertional-maintenance

wimax tidak hanya cocok untuk daerah perkotaan doang tapi bisa juga digunakan di daerah pedesaan untuk memudahkan user mengakses data dari workstation satu dengan yanglainnya tidak terbatas oleh waktu dan jarak karena susahnya medan atau pengiriman data instan yang sangat cepat karena bandwich nya yang besar dan kecepatan akses yang sangat cepat.

Akankah WiMax segera diadopsi di Indonesia? Jika uji coba Pre-Wimax di Aceh sempat tertunda karena birokrasi, seharusnya strategi dan aplikasi adopsi teknologi WiMax standar disiapkan jauh-jauh hari agar benar-benar tepat sasaran. Apalagi jika hendak dipakai dalam program Universal Service Obligation (USO) untuk melayani komunikasi di pedesaan dan daerah terpencil. (KOMPAS)
Keuntungan wimax
operator telekomunikasi dapat menghemat investasi perangkat.
Pasarnya lebih luas karena jangkauannya melebihi teknologi cable.
Memudahkan user menggunakan internet.


Sumber:
http://netsains.com/2008/02/wimax-seberapa-jauh-indonesia-siap-mengimplementasikannya/
http://id.wikipedia.org/wiki/WiMAX
http://www.dudung.net/teknologi-informasi/wimax-alternatif-solusi-komunikasi-pedesaan.html

0 komentar:

Posting Komentar