Pages

Sabtu, 16 Januari 2010

Perbedaan Antara Hub,Switch,Router,Repeater dan Bridge

1.Hub

Hub adalah alat untuk menghubungkan work station dengan work station lainya dalam suatu jaringan internet. Biasa digunakan pada jaringan sederhana. Ketika ada satu paket yang masuk ke port d hib maka akan ersalin di port uang lainnya di hub tersebut. Hub sudah banyak di tinggalkan karena kecepatan transfer data di hub lebih lambat dari pada di switch.

2.Switch

Switch adalah alat yang menyaring dan melewatkan paket yang ada dalam jaringan LAN. LAN yang menggunakan switch untuk berkomunikasi di jaringan disebut switched LAN atau dalam fisik ethernet jaringan di sebut dengan Switched Ethernet LANs.

3.Router

Router adalah alat untuk menghantarkan paket data dalam jaringan. Router berada disisi gateway sebuah tempat dimana dua jatingan LAN atau lebih untuk disanbungakan. Router bisa untuk menentukan posisi yang terbaik untuk meghantarkan sebuah paket jatingan dan juga menggunakan protokol seperti ICMP, HTTP untuk berkomunikasi dengan LAN lainya dengan konfigutasi terbaik untuk jalur antar dua host manapun.

4.Repeater

Repeater biasa digunakan untuk mengatasi keterbatasan fisik suatu jaringan. Seperti jatak dan kualitas sinyal suatu jaringan dan biasa juga digunakan untuk mengabungkan dua ethernet. Pengabungan dua atau lebih segmen jaringan dengan menggunakan repeater akan mengkibatkan traffic data akan menyebar keseluruh jaringan. Jika jumlah station makin banyak, dan traffic data sangat tinggi maka beban pada backbone jaringan akan menjadi berat. Akhirnya kinerja jaringan akan menurun dan kelambatan akses akan terasa.

5.Bridge

Bidge adalah alat untuk menatur fram data per segmen. Jika workstation 1 mengirim ke workstation 2 maka data tidak akan di teruskan ke segmen 2. dan beban setiap segmen menjadi optimal. Overhead traffic setiap segmen dapat di kurangi.

0 komentar:

Posting Komentar